Unik dan Sehat! Ini Dia 3 Kuliner Khas Suku Asmat Yang Pasti Bikin Penasaran

Suku Asmat adalah salah satu suku di Indonesia yang menawarkan begitu banyak kuliner menarik dan unik. Mungkin untuk sebagian dari kamu agak bingung ketika melihat makanannya. Namun dibalik keunikan dan keanehan itu, kuliner khas Suku Asmat ternyata menyimpan berbagai macam khasiat yang menyehatkan untuk tubuh kamu.

Suku Asmat terdapat di Provinsi Papua dimana memiliki makanan pokok yaitu sagu. Suku ini terbagi menjadi 2 yaitu suku yang tinggal di pedalaman dan suku yang tinggal di pesisir pantai. Keduanya memiliki perbedaan baik dari gaya hidup, Bahasa, hingga seni dan kebiasaan sehari hari. Mata pencaharian Suku Asmat di pedalaman adalah dengan mengukir kayu, sedangkan pesisir pantai behubungan dengan laut. Namun keduanya tetap memiliki kuliner khas yang unik dan sangat lezat.

Ini dia 3 kuliner khas Suku Asmat yang pasti bikin kamu penasaran.

1. Papeda

Makanan ini adalah kuliner khas Suku Asmat yang menjadi salah satu hidangan populer, tidak hanya di Suku Asmat tapi di seluruh Indonesia. Papeda dimakan bersama dengan ikan bakar atau berbagai lauk lainnya. Makanan khas Suku Asmat ini memiliki cita rasa tawar yang sanagt lembut dan dijadikan sebagai pengganti nasi bagi Suku Asmat.

Papeda disantap tidak menggunakan sendok atau garpu, melainkan alat bernama gat agata yang sekilas mirip dengan sumit dengan ukuran yang lebih besar daripada sumpit. Cara menikmatinya adalah menggulung gulung papeda dengan sumpit, lalu dimasukkan ke dalam piring, yang kemudian dimakan bersama dengan lauk yang telah disediakan.

2. Aunu Senebre

Ini dia kuliner khas Suku Asmat selanjutnya, Aunu Senebre. Sulit sekali bukan menyebutnya? Makanan ini tidak hanya memiliki nama yang unik tapi juga bahan bahan dan rasa yang unik.

Terbuat dari teri putih yang biasanya dimakan bersamaan dengan papeda. Aunu Senebre adalah salah satu hidangan favorite Suku Asbak yang bisa disantap kapan saja, mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Ikan teri yang nikmat dan papeda yang lembut menyatu di lidah sehingga sangat lezat sangat dikonsumsi. Namun sayangnya, makanan ini cukup sulit ditemukan di beberapa daerah di Papua, kamu wajib datang langsung ke Suku Asmat itu sendiri baik yang di pedalaman maupun di pesisir pantai.

3. Sate Ulat Sagu

Hidangan terakhir yang juga menjadi kuliner khas Suku Asmat adalah Sate Ulat Sagu. Sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dari bahan utama ulat sagu. Ulat yang bisanya menjijikan ini dimasak dan dinikmati oleh Suku Asmat, ternyata ulat ini mengandung khasiat yang berlimpah sehingga cukup bermanfaat untuk tubuh, juga memiliki kadar kolesterol yang rendah.

Sate ini juga mengandung berbagai macam kandungan lain seperti asam glutamate, asam aspartate, methionine, tirosin, dan lisin. Itulah sebabnya masyarakat Suku Asmat sangat menyukai makanan ini.


Setelah mengetahui 3 kuliner khas Suku Asmat, apakah kamu penasaran untuk mencobanya?