5 Jenis Olahraga yang Baik bagi Kesehatan Mental

Olahraga Lari Olahraga Lari

Semenjak terjadinya pandemi dalam 2 tahun terakhir ini, baik mulai dari kalangan muda-mudi sampai dengan lanjut usia, banyak dari mereka menjadi lebih aware terhadap kesehatan mental dirinya masing-masing. Hal ini masih tergolong wajar, karena pada umumnya setiap orang amat membutuhkan sebuah kondisi mental yang baik agar ke depannya tetap waras menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana caranya kesehatan mental itu tetap bisa terjaga ? …

Pertama-tama yakni, dengan melakukan beberapa olahraga ringan seperti yang akan langsung kami informasikan di bawah ini !

Jenis Olahraga Ringan Penunjang Kesehatan Mental

Secara garis besar, olahraga sendiri dikenal efektif dalam mengaktifkan endorphine dalam tubuh manusia. Atau bisa diartikan sebagai hormon pereda rasa sakit yang memiliki pengaruh langsung terhadap suasana hati. Selain daripada itu, olahraga juga dapat memicu perasaan bahagia, mengurangi tingkat stress dalam hidup, mengurasi rasa kecemasan, sampai mengurangi depresi berlebihan hanya dengan beberapa pilihan olahraga ringan berikut.

1. Olahraga — HIT

Apakah kalian sudah pernah melakukan olahraga yang satu ini ? atau justru, belum mengenalnya sama sekali ? …

Bagi yang masih asing dengan istilah tersebut, High Intensity Interval Training atau disingkat menjadi HIT ialah sebuah tren olahraga yang belakangan ini sempat populer di kalangan generasi Z, lantaran HIT sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya menghasilkan banyak hormon endorphine yang nantinya membuat diri kalian menjadi semakin bahagia. Tak hanya itu saja, HIT juga populer lantaran memiliki keefisienannya dalam hal waktu. Namun, bagi sebagian pemula yang baru menggeluti jenis olahraga ini, mereka mengatakan bahwa HIT justru dapat menimbulkan rasa stress hingga ketidaknyamanan akibat intensitasnya yang tinggi.

Hal tersebut memang ada benarnya, hanya jika kalian tidak menjalankannya dengan sebaik mungkin. Sebagai tambahan, menurut penelitian yang kami kutip dari situs fwd. Kita dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit seperti jalan pagi selama 3x dalam seminggu. Kabar gembiranya, hal ini sangat cocok bagi siapa pun yang ingin mengurangi kecemasan. Bahkan melakukan exercise selama 10 menit saja bisa memperbaiki mood kamu juga lho !

Olahraga — Yoga

Bagi kalian yang memiliki kondisi medis seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), rehabilitasi, perawatan kanker, sampai dengan stress. Untuk itu, silahkan saja melakukan yoga. Telah diketahui bahwasanya yoga ini menjadi salah satu jenis olahraga yang terbukti dapat mengurangi hormon stress, perasaan cemas, panic attack, bahkan depresi berlebih juga bisa teratasi, dengan syarat gerakan yoga yang kalian praktikan sesuai ya…

Ada baiknya ketika melakukan olahraga tersebut, kalian tidak hanya mengoptimalkan pada kekuatan fisik saja, tetapi juga mempertimbangkan pengaturan napas serta fokus ketika sedang menjalani olahraganya. Paling tidak lakukanlah olahraga yoga sebanyak 1-3x setiap minggunya. Dengan begitu, kesehatan mental kalian semua akan tetap terjaga sebaik mungkin.

3. Olahraga — Boxing

Ketika kalian sedang mengalami gejala depresi dan kesulitan untuk mengatasinya, maka lakukan saja olahraga yang satu ini. Dilansir dari situs fwd.co, olahraga boxing sangat direkomendasikan oleh para pakar. Workout yang terdapat di dalamnya benar-benar efektif untuk meningkatkan hormon endorphin, serta mampu memperbaiki mood kalian yang sedang dalam keadaan down. Tak hanya itu saja, olahraga boxing juga mampu menambah rasa kepercayaan diri kalian menjadi semakin tinggi lho ! jika tidak percaya, maka kini waktunya kalian membuktikannya sendiri !

4. Olahraga — Berenang

Rasanya, hampir tidak mungkin bermain air itu membosankan. Maka, kami sarankan untuk kalian semua mencoba jenis olahraga seperti berenang. Saat kalian sedang berenang, maka secara otomatis seluruh tubuh dari atas sampai bawah akan bergerak dan membuat kalian semua menjadi jauh lebih fokus, tepatnya saat melatih pernapasan pada bagian mulut maupun hidung. Bisa dipastikan saat sedang berenang, kalian semua akan mendapatkan suasana yang nyaman dan rileks. Maka dari itu, kami sangat merekomendasikan olahraga renang ini untuk bisa kalian coba kedepannya, demi menjaga mental kesehatan kalian masing-masing.

Olahraga — Bersepeda

Olahraga terakhir yang baik bagi mental adalah bersepeda. Olahraga ini sampai kini masih menjadi tren terbaik di kalangan generasi Y dan Z. Selain menjadi karena manfaat kesehatannya, rupanya bersepeda juga bisa membantu kalian untuk mengembangkan kesehatan mental kalian jauh lebih baik, terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan teman maupun komunitas sepeda yang kalian ikuti. Coba bayangkan, pasti rasanya happy sekali!

Ketika sedang bersepeda, organ tubuh yang berperan penting selain otot kaki dan tangan ialah jantung. Bukan tanpa alasan, sebab ketika jantung berdetak dengan lebih cepat, secara kita membutuhkan oksigen yang tinggi. Sehingga, proses ini pada muaranya akan sangat berguna bagi metabolisme dalam tubuh. Selain itu, manfaat lainnya adalah mampu membuat anggota tubuh menjadi jauh lebih rileks serta menjadikan kualitas istirahat kita jauh lebih relaks dari sebelumnya.

Itulah 5 jenis olahraga yang mudah sekali untuk kalian lakukan setiap harinya. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, melainkan mampu membuat kesehatan mental kalian semua menjadi semakin kokoh. Jika ingin mendapatkan hasil jauh lebih baik dari sebelumnya, maka pastikan juga bahwa kalian semua menjaga gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi banyak makanan kaya serat, dan merencanakan jam tidur yang cukup.