Intip Berbagai Macam Jajanan Khas Kuningan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kalau kamu lagi di Kuningan, Jawa Barat, sebaiknya kamu tidak hanya tidur di hotel saja, kamu bisa mampir ke berbagai street food, pasar tradisional, dan toko oleh oleh untuk menikmati kuliner yang ada di sana. Tidak hanya dapat dinikmati langsung, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh oleh untuk orang tersayang.

Nah, beberapa dari kamu mungkin bingung nih mau beli apa? Tenang saja! Berikut ini rekomendasi jajanan khas Kuningan yang bisa kamu jadikan oleh oleh untuk orang di rumah.

1. Leupeut

Jajanan yang satu ini pastinya sudah tidak asing untuk sebagian dari kalian. Makanan tradisional ini seringkali diburu warga lokal hingga wisatawan untuk dijadikan camilan atau oleh oleh.

Selain praktis, jajanan ini memiliki cita rasa yang dapat diterima semua kalangan, yakni gurih dan cukup lembut. Leupeut khas Kuningan menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya, lalu dibalut dengan daun janur dan kelapa muda sehingga menciptakan rasa yang dijamin bikin nagih.

Leupeut khas Kuningan berisi kacang yang lebih banyak dibandingkan Leupeut di daerah lain. Jajanan ini biasanya dijual ketika sedang diadakannya perayaan hari besar, namun tenang saja, kamu juga bisa menemukannya di pasar tradisional di seluruh Kuningan.

2. Tahu Lamping

Camilan yang satu ini juga sering disebut sebagai Kipeci. Jajanan ini sangat mungkin untuk kamu jadikan sebagai oleh oleh. Selain aromanya yang sangat menggoda, tahu ini juga memiliki tekstur yang cukup renyah, jadi rasa yang diciptakannya juga sangat gurih.

Beberapa orang beranggapan bahwa tahu ini hampir menyerupai tahu Sumedang yang garing di luar dan lembut di dalam. Hanya saja, Tahu Lamping dipadukan dengan susu sehingga teksturnya lebih juicy. Penasaran? Langsung dicoba ya kalau lagi mampir ke Kuningan!

3. Opak Bakar

Nah, satu lagi nih camilan yang wajib banget kamu bawa pulang kalau habis dari Kuningan, yakni Opak Bakar. Camilan ini terbuat dari beras ketan, santan, dan garam dipadukan di dalam cetakan, lalu kemudian dibakar.

Camilan tradisional ini memiliki resep turun menurun sehingga cita rasa yang diberikan juga tidak akan mengecewakan. Kalau kamu sedang ingin jajanan asin, gurih, dan manis sekaligus, kamu perlu mencicipi camilan yang satu ini. Aroma yang sangat sedap akan membuatmu tergiur, dan sayang sekali apabila kamu tidak mencobanya!


Setelah mengetahui 3 jajanan khas Kuningan ini, adakah yang akan kamu jadikan oleh oleh?