3 Jajanan Khas Papua Yang Menarik Untuk Dicoba!

Papua adalah provinsi paling timur Indonesia. Memiliki keanekaragaman budaya dan alam yang indah mulai dari hujan hujan hingga pegunungan. Berbagai macam satwa juga hidup disana. Tidak hanya itu, Papua juga memilki kuliner lezat yang perlu kamu cicipi.

Jajanan Khas Papua menggunakan berbagai macam bahan lokal yang sulit ditemukan di tempat lain. Itulah sebabnya, jajanan khas Papua memiliki ciri identik tersendiri, baik dari rasa, warna, hingga tampilan unik yang diberikan. Papua seringkali dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Hal itulah yang membuat jajanan khas Papua menjadi populer hingga tersebar ke seluruh Indonesia.

Kamu sedang di Papua atau akan berkunjung ke Papua? Cari tau yuk 3 jajanan khas Papua yang menarik untuk dicoba!

1. Martabak Sagu

Karena warga Papua sangat menyukai berbagai macam olahan sagu, sehingga martabak juga dibuat dari bahan utama sagu yang diolah dengan cara menghaluskannya, kemudian digoreng, juga diberikan gula merah atau gula aren.

Menciptakan cita rasa yang manis dan gurih, martabak ini juga memiliki tekstur yang khas. Martabak Sagu akan sulit ditemukan di luar Papua, namun jika kamu sedang di Papua kamu bisa menjumpainya di daerah Fak-Fak.

2. Kue Bagea

Jika kamu sedang berkunjung ke Papua, sepertinya kamu wajib mencicipi Kue Bagea ini. Kue ini cukup populer di Papua, bahkan banyak dari wisatawan yang juga memburu makanan ini untuk dijadikan oleh oleh.

Terbuat dari sagu sebagai bahan dasarnya, Kue Bagea menawarkan tekstur yang agak keras hanya saja masih bisa dinikmati. Menciptakan cita rsa yang nikmat dari campuran tepung sagu serta kenari. Kamu bisa membeli kue ini di berbagai toko oleh oleh di Papua dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kue Lontar

Satu lagi kue khas Papuas, yakni Kue Lontar. Jajanan ini juga cukup populer, tidak hanya dikalangan warga setempat tetapi juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Papua. Kue Lontar memiliki tampilan yang sangat mirip dengan pie susu, hanya saja Kue Lontar biasanya dibuat dengan ukuran cetakan yang besar. Kue ini terbuat dari tepung terigu, margarin, susu, dan vanilli sehingga menciptakan cita rasa yang gurih dan manis.


Setelah mengetahui 3 jajanan khas Papua, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jajanan jajanan lezat ini tidak boleh kamu lewatkan ya. Selamat mencoba!